Headlines
Loading...
Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar

Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar

Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar - Hallo sahabat UmeKume, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar
link : Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar

Baca juga


Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar

 "Anoa, Satwa Langka, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar"



Anoa merupakan salah satu satwa langka yang ada di Indonesia. Berdasarkan pembagian garis Weber dan garis Wallace, Anoa masuk ke dalam satwa peralihan, yakni berada di Pulau Sulawesi. Memang, belum banyak yang tahu dengan ciri-ciri dan deskripsi Anoa, karena memang hewan ini cenderung lebih banyak tampil di buku pelajaran sekolah, jarang di media umum.

Ya, Anoa merupakan satwa langka Sulawesi yang mirip dengan sapi atau kerbau, bahkan mungkin ada yang mengira kambing berukuran besar. Secara umum, Anoa mempunyai warna kulit yang mirip kerbau, yaitu warna terang hingga gelap kecoklatan. Anoa juga memiliki bentuk kepala seperti sapi (marga Bos "dalam ilmu taksonomi"). Pada kaki bagian depan (metakarpal) berwarna putih atau mirip seperti Sapi Bali, namun mempunyai garis hitam ke bawah.


Perilaku hidup Anoa umumnya soliter (menyendiri/sendiri-sendiri), namun, tidak jarang juga dijumpai dalam kawanan 3 (tiga) sampai (5) ekor. Anoa termasuk satwa liar pemakan semak, herba, rumput, buah-buahan yang jatuh dari pohonnya, dan berbagai jenis tumbuhan hutan.

Ada dua macam Anoa berdasarkan penggolongan spesiesnya. Spesies pertama, yaitu Anoa dataran rendah (_Bubalus depressicornis_). Spesies kedua, yaitu Anoa pegunungan (_Bubalus quarlessi_).

Dua (2) spesies Anoa tersebut, baik Anoa dataran rendah ataupun Anoa pegunungan memiliki bobot tubuh yang berbeda cukup jauh. Berat atau bobot tubuh anoa dataran rendah adalah 300 kg. Sedangkan, berat tubuh anoa pegunungan adalah 150 kg.

#Anoa
#SatwaLangkaIndonesia
#SatwaLangkaSulawesi
#HewanPeralihan
#ApaItuAnoa
#HewanAnoa
#SatwaLangkaDiDunia

Baca juga : Kamuflase vs mimikri

Sumber (dengan beberapa editan): https://www.greeners.co/flora-fauna/anoa-satwa-langka-sulawesi-dilindungi-sejak-pemerintahan-belanda/ dan "Buku Detik-detik USBN SD/MI 2018/2019, Intan Pariwara"


Demikianlah Artikel Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar

Sekianlah artikel Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Anoa, Satwa Langka Indonesia, Mirip Sapi atau Kerbau bahkan Kambing Besar dengan alamat link https://umekume.blogspot.com/2020/12/anoa-satwa-langka-indonesia-mirip-sapi.html

0 Comments: