Headlines
Loading...
 Peran Sains Dalam Masyarakat

Peran Sains Dalam Masyarakat

Peran Sains Dalam Masyarakat - Hallo sahabat UmeKume, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Peran Sains Dalam Masyarakat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Peran Sains Dalam Masyarakat
link : Peran Sains Dalam Masyarakat

Baca juga


Peran Sains Dalam Masyarakat

Peran Sains Dalam Masyarakat - Secara umum, ada dua kemungkinan tujuan untuk melibatkan proses kebijakan dan dua strategi utama untuk mencapai tujuan tersebut. Sasarannya adalah untuk memperbaiki kebijakan yang mempengaruhi Sains atau untuk meningkatkan kebijakan yang dapat memperoleh manfaat dari pemahaman ilmiah Sains untuk kebijakan. 

Sasaran dan strategi keterlibatan kebijakan ini dapat digabungkan dengan cara yang berbeda dan tidak selalu eksklusif: beberapa menggabungkan tujuan dan strategi secara bersamaan. Namun, tujuan dan strategi yang berbeda memberikan risiko dan peluang yang berbeda dan ketegangan dapat muncul di antara mereka yang tujuan dan strateginya berbeda.

Gambar: mediafunia.blogspot.com

Sebagian besar ilmuwan menyadari bahwa pengejaran objektivitas dalam penelitian, meskipun mungkin tidak mungkin dicapai oleh manusia mana pun, adalah landasan Sains. Sains menghasilkan pengetahuan dan pemahaman dengan mencoba menghilangkan potensi sumber bias, seringkali melalui eksperimen terkontrol. Pengejaran objektivitas ini meningkatkan kredibilitas kemajuan ilmiah dan memperluas kemauan masyarakat untuk mengambil dan menggunakan pengetahuan baru dan pemahaman yang diberikan sains.

Kebutuhan pengambilan keputusan masyarakat untuk melampaui informasi yang obyektif berkontribusi pada ketidaksepakatan yang berkepanjangan dan sering kali diperdebatkan dalam komunitas ilmiah tentang peran yang tepat dari para ilmuwan dalam diskusi sipil. Beberapa berpendapat bahwa ilmuwan harus mempertahankan objektivitas mereka dengan menghindari keterlibatan sipil sama sekali atau dengan berfokus secara eksklusif pada penyediaan informasi yang relevan dengan diskusi sipil. Ini membantu, lanjut argumen tersebut, untuk memastikan bahwa wawasan ilmiah sebisa mungkin bebas dari pengaruh eksternal dan dianggap tidak memihak, akurat, dan sah.

Ilmuwan lain berpendapat bahwa keanggotaan dalam masyarakat memberikan hak atau bahkan tanggung jawab untuk terlibat lebih aktif dalam diskusi sipil. Ilmuwan memiliki pengetahuan khusus yang berkaitan dengan topik yang relevan secara sosial dan paling memahami bagaimana mengintegrasikan pengetahuan itu ke dalam pengambilan keputusan, demikian argumen ini. Partisipasi langsung meningkatkan kemungkinan masyarakat membuat pilihan yang membantu mengelola risiko dan mewujudkan peluang.

Di ruang sidang, advokat membuat kasus terkuat atas nama klien mereka semampu mereka. Bukan tugas pengacara untuk membuat kasus tandingan. Itu jatuh di sisi lain. Ini bisa menjadi pendekatan yang ampuh untuk memenangkan debat publik atau memengaruhi keputusan. Sains, sebaliknya, mengandalkan penilaian lengkap dan objektif dari bukti. 

Ilmuwan memiliki kewajiban untuk mengidentifikasi bukti yang bertentangan, mengekspos kelemahan dalam analisis mereka, dan menawarkan interpretasi alternatif yang masuk akal. Ini adalah pendekatan yang ampuh untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman dan untuk membangun kredibilitas sebagai sumber informasi.

Khususnya, perbedaan antara mereka yang menyukai satu pendekatan atau lainnya didasarkan pada penilaian nilai. Ini adalah perbedaan pendapat filosofis yang berkaitan dengan peran yang tepat dari ilmuwan dalam masyarakat yang tidak ada jawaban ilmiah yang jelas. 

Namun, pendekatan yang berbeda memiliki implikasi yang berpotensi signifikan terhadap seberapa efektif sains dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih luas dan bagaimana orang lain dalam masyarakat akan memandang sains. Ada peluang dan risiko yang terkait dengan setiap pendekatan.

Fokus pada penyediaan informasi, yang merupakan pendekatan yang diambil AMS, meningkatkan kredibilitas dan membantu membuka pintu, terutama seiring waktu karena kepercayaan dibangun dengan pembuat kebijakan. Untuk institusi, fokus pada informasi juga memungkinkan orang-orang dengan pandangan dan kepentingan yang berbeda untuk berkumpul dan hidup berdampingan. Namun, memberikan informasi tidak selalu merupakan pendekatan yang paling efektif untuk mencapai tujuan atau hasil kebijakan tertentu.

Salah satu solusi parsial dan tidak sempurna, yang menurut saya dapat bekerja dengan baik, adalah secara eksplisit dan tekun membedakan informasi ilmiah dari opini pribadi ketika terlibat dalam diskusi sipil. Dengan pendekatan ini, seorang ilmuwan dapat mengatakan pilihan kebijakan apa yang menurutnya terbaik selama jelas bagi pembuat kebijakan bahwa percakapan telah bergerak melampaui pertanyaan ilmiah.

(Alhamdulillah, biidznillah, karena Allah Tuhan Yang Maha Esa semua terjadi dan penuh hikmah).



Demikianlah Artikel Peran Sains Dalam Masyarakat

Sekianlah artikel Peran Sains Dalam Masyarakat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Peran Sains Dalam Masyarakat dengan alamat link https://umekume.blogspot.com/2020/12/peran-sains-dalam-masyarakat.html

0 Comments: