Headlines
Loading...
Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2)

Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2)

Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2) - Hallo sahabat UmeKume, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2)
link : Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2)

Baca juga


Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2)

 "Anak IPA Wajib Tahu ?!? Part 2."

Pada postingan sebelumnya telah dipaparkan bahwa anak IPA wajib tahu (seharusnya tahu) tentang penulisan nama ilmiah. Ya, waktu itu terkait IPA biologi ya. Bisa untuk SMP atau pun SMA, atau pun kuliah. Tapi terutama untuk SMP-SMA ya :)

Nah, kali ini kami akan memaparkan hal-hal yang harus diketahui anak IPA juga, dan kali ini tentang IPA Kimia. Ya, memang, ada beberapa hal yang anak-anak IPA juga suka terlupa tentang hal-hal ini :D . Apa saja, yuk kita simak ^^

 1. Co dan CO

    Kak itu sama-sama C dan O kok beda?!? Nah lho, :D ada yang berpikir begitu? Hehe.. Ya, Co (C besar o kecil) adalah suatu unsur yaitu Cobalt (unsur Kobalt), salah satu jenis logam feromagnetik. Sedangkan, CO (C dan O besar/kapital semua) adalah singkatan dari suatu senyawa, yaitu Carbon monoxyde (Karbonmonoksida), suatu senyawa yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna.

2. Kalsium dan Kalium

    Kalsium dan Kalium, keduanya merupakan suatu unsur logam. Akan tetapi, Kalsium identik dengan tulang (penyusun tulang), biasa terdapat pada ikan, sedangkan Kalium identik dengan per-Jantungan hehe, yaitu zat yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung, biasa terdapat pada pisang. Selain itu, kedua unsur ini juga sering tertukar dalam singkatan/lambang penulisannya, yang mana aslinya adalah Ca untuk Kalsium dan K untuk Kalium. Ada yang baru ngeh? Hehe (just kidding :) )

3. Kation-Anion dan Katoda-Anoda

    Kation-Anion adalah sebutan untuk ion yang bermuatan positif dan negatif. Yang mana,, Kation adalah sebutan untuk ion positif, sedangkan Anion adalah sebutan untuk ion negatif. Nah, Katoda-Anoda adalah nama-nama kutub suatu sumber arus listrik. Biasanya ada yang langsung menyebut Kation adalah ion positif berarti Katoda adalah kutub positif. Dan, sebaliknya untuk Anion dan Anoda juga ya. Eh, tapi ternyata kebalik lho :) . Katoda sebenarnya adalah sebutan untuk kutub negatif sebuah sumber arus listrik atau rangkaian listrik. Sedangkan Anoda adalah sebutan untuk kutub positif sebuah sumber arus listrik atau rangkaian listrik. 

Nah gitu ya gaes :)

Demikianlah pemaparan hal-hal yang seharusnya (harus) diketahui anak IPA, part 2 ini ya.. Semoga bermanfaat. :)

Terima kasih.

Baca juga : Tips Menghindari Petir Menurut BMKG



Demikianlah Artikel Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2)

Sekianlah artikel Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Anak IPA Wajib Tahu ?!? (Part 2) dengan alamat link https://umekume.blogspot.com/2020/11/anak-ipa-wajib-tahu-part-2.html

0 Comments: